Halaman

Jumat, 08 Mei 2009

Mengapa suara guntur lebih keras jika malam hari?

Hal ini memang benar-benar terjadi? Padahal suara guntur di siang hari saja sudah cukup keras. Malam hari akan menjadi lebih keras. Namun tepat hal ini juga di pengaruhi oleh jarak petir itu sendiri dengan pendengar semakin jauh maka suara guntur akan terdengar sedikit lebih pelan(walaupun suara pelan petir itu sangat berisik).


Juga mengapa kilatan petir selalu terlihat lebih dulu oleh mata kita daripada guntur? Hal ini di karenakan cepat rambat cahaya dan bunyi di udara sangat jauh berbeda. Kecepatan bunyi di udara 3x108(300.000.000)m/s sedangkan cepat sambat bunyi di udara kisaran 300-400 m/s juga tergantung dengan kecepatan angin jika aginnya kuat dan searah maka akan bertambah namun jika berlawanan arah maka akan terjadi sebaliknya kecepatan rambat bunyi semakin kecil.

Secara fisika, pada saat siang hari udara di lapisan atas lebih dingin dari pada udara di lapisan bagian bawah. Secara teori bunyi akan lebih cepat merambat pada suhu dingin daripada suhu panas. Sehingga kecepatan rambat bunyi di bagian lapisan atas akan lebih cepat sedangkan di lapisan bawah bunyi merambat lebih lambat. Seperti yang sudah kita tahu jika gelombang dari medium rapat ke medium kurang rapat akan di biaskan menjauhi garis normal. Sehingga pembiasan bunyi petir menyebabkan suara guntur tidak begitu keras terdengar, karena jaraknya semakin menjauh dengan pendengar.



Lalu pada malam hari, udara pada lapisan bawah lebih dingin dari pada lapisan atas. Sehingga bunyi akan di biaskan mendekati garis normal, karena bergerak dari medium yang kurang rapat ke medium yang rapat. Sehingga pembiasan inilah yang menyebabkan suara guntur lebih mendekat ke pendengar sehingga otomatis suara guntur akan terdengar lebih keras.


3 komentar:

  1. Anonim6/05/2010

    itulah salah satu sifat dari gelombang bunyi yaitu dapat mengalami pembiasan

    BalasHapus
  2. Ini Eko anak fisika 09 A ya?

    BalasHapus
  3. Anonim5/14/2012

    pak, kata bapak "secara teori bunyi akan lebih cepat merambat pada suhu dingin daripada suhu panas"
    =>bukannya bunyi itu mempunyai kecepatan lebih tinggi saat berada pada suhu yang tinggi juga ???pertanyaan saya berdasarkan rumus v = (331+0,6T)m/s,...terima kasih..

    BalasHapus

terima kasih atas Comment nya