Halaman

Senin, 29 Desember 2014

Salah sedikit, berakibat banyak




Kali ini, ternyata sedikit ketidaktelitian dalam melihat suatu permasalahan bisa berakibat fatal. Padahal sangat sederhana yaitu salah melihat jadwal waktu gratisan internet. Memang waktu itu aku sudah berencana untuk menghabiskan kuota gratis 2 gb di malam hari. Awalnya aku kira jam 12 hingga jam 6 pagi. Ternyata aku salah melihat jadwalnya, ternyata gratisannya mulai dari jam 1 pagi, jadinya kuotaku habis deh, untung bukan
pulsaku yang habis, jadi esok harinya aku masih bisa membeli paket lagi.

Itu hanya sebuah cerita pengalamanku mengenai ketidaktelitian, ada beberapa pelajaran yang semoga bisa diambil oleh para pembaca yang budiman. Ada lagi cerita lain mengenai seseorang yang diminta untuk membeli solar untuk mengisi mesin disel untuk menyalakan listrik saat mati lampu. Nah, entah anak itu yang aneh atau penjualnya yang aneh aku sendiri masih belum tahu. Si anak ini bilang ke penjualnya untuk beli solar, karena si anak ini yakin dengan si penjual langsung saja ia bawa tanpa di cek dulu benar solar ataukah bukan. Lalu saat ia sampai ke tempat mesin disel, ia mulai merasa ada yang salah. Ia buka tutup drigen solar yang ia beli, lalu ia mencium bau yang agak berbeda dari biasanya, menurutnya bau ini bukan bau solar, tapi minyak tanah. Karena kondisinya ia sedang sendiri di tempat mesin disel, dan ia merasa mungkin penciumannya yang salah, jadinya ia tuangkan saja solar ke dalam rangki mesin disel. Kemudian saat ia mulai menyalakan mesin disel, mulai terasa aneh lagi, padahal sudah diputar sekuat tenaga, namun mesin disel tidak mau beroperasi seperti biasanya. Tak lama kemudian datanglah temannya dan si anak tadi meminta bantuan untuk menghidupkan mesin disel tersebut. Ternyata hasilnya juga sama, mesin disel tetap tak bisa beroprasi. Ia mencium bau minyak tanah di sekitar mesin disel, lalu ia bertanya ke si anak apakah ia memasukan minyak tanah ke tangki mesin disel? Lalu dibukalah tutup tangki mesin disel dan tentu saja perasaan tidak enak tadi benar dan yang dimasukan adalah minyak tanah. Akhirnya tangki mesin disel itu dikuras dan memanggil ahli mesin disel untuk memperbaiki mesin disel tersebut.

Cerita yang kedua juga mengenai ketidaktelitian, namun sekarang tidak jelas mana yang salah. Akan tetapi itu bisa tercegah jika si anak tadi teliti mengenai isi drigen tadi, ia perlu memastikan isi drigen benarkah solar, ataukah bukan.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat kita menjadi semakin teliti terhadap menghadapi permasalahan dalam kehidupan kita.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas Comment nya