Seorang
peneliti ingin menguji efektivitas Modul yang dikembangkan oleh peneliti.
Dipilihlah dua kelas menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas XB
sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas Kontrol. Kemudian dilakukan
tes untuk mengetahui apakah penggunaan modul lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar Fisika siswa.
Didapatkan data sebagai berikut
Responden
|
Kelas Eksperimen
|
Kelas Kontrol
|
1
|
87
|
74
|
2
|
95
|
90
|
3
|
78
|
71
|
4
|
68
|
50
|
5
|
79
|
70
|
6
|
67
|
66
|
7
|
78
|
66
|
8
|
95
|
65
|
9
|
85
|
87
|
10
|
78
|
59
|
11
|
87
|
60
|
12
|
77
|
70
|
13
|
67
|
65
|
14
|
81
|
74
|
15
|
82
|
69
|
16
|
88
|
79
|
17
|
65
|
71
|
18
|
80
|
67
|
19
|
70
|
66
|
20
|
90
|
54
|
21
|
63
|
77
|
22
|
60
|
60
|
23
|
75
|
77
|
24
|
76
|
79
|
25
|
88
|
61
|
26
|
84
|
62
|
27
|
76
|
69
|
28
|
65
|
76
|
29
|
73
|
76
|
30
|
75
|
75
|
31
|
60
|
78
|
32
|
72
|
70
|
33
|
80
|
74
|
34
|
85
|
76
|
35
|
86
|
70
|
Hipotesis
Ho : Tidak ada perbedaan hasil belajar antara
pembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran konvensional
H1 : Ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran
menggunakan modul dengan pembelajaran konvensional
Hipotesis Statistik
Ho : μ1
= μ2
H1 : μ1
≠ μ2
Interpretasi
jika thit>
ttab atau sig<0 h="" maka="" sub="">o0>
ditolak
jika thit<
ttab atau sig>0,05, maka Ho diterima
Langkah Pengujian
1.
Buka
aplikasi SPSS
2.
Klik
Variable View, Pada baris pertama Isi kolom Name dengan hasil, kemudian pada
bagian Label ketik Hasil belajar. Kemudian pada baris kedua, Isi kolom Name
dengan perlakuan, kemudian pada bagian Label ketik Perlakuan, lalu pada kolom
Measure ubah menjadi Nominal.
3.
Lalu
klik pada kolom Values baris kedua, klik tanda
, ketik 1 pada Value dan ketik Kelas eksperimen, lalu klik
add. Selanjutnya ketik 2 pada Value dan ketik Kelas control pada Value Label,
klik add. Klik Ok.
4.
Masukan
data yang telah disiapkan pada Data View. Masukan data nilai hasil belajar pada
kolom hasil. Kemudian ketik 1 pada perlakuan jika nilai tersebut dari kelas
eksperimen dan ketik 2 pada kolom perlakuan jika nilai berasal dari kelas
control.
5.
Menguji
data, apakah data terdistribusi normal dengan cara klik Analyze, pilih
Nonparametric Test, pilih 1-Sample K-S.
6.
Masukan
variabel hasil kedalam Test Variable List dengan mengklik tombol
, kemudian pastikan sudah ada tanda ceklist pada kotak Normal,
klik OK.
Hasil
Output:
One-Sample
Kolmogorov-Smirnov Test
Hasil Belajar
|
||
N
|
70
|
|
Normal
Parameters(a,b)
|
Mean
|
73.83
|
Std. Deviation |
9.647
|
|
Most
Extreme Differences
|
Absolute
|
.054
|
Positive |
.054
|
|
Negative |
-.050
|
|
Kolmogorov-Smirnov
Z
|
.454
|
|
Asymp.
Sig. (2-tailed)
|
.986
|
a Test distribution is Normal.
b Calculated from data.
Didapatkan
nilai Sig. 0,986 > 0,05 , jadi data berdistribusi normal.
7.
Klik
Analize, Compare Means, Independent-Sample T Test.
8.
Masukan
variabel hasil ke dalam Test Variable, lalu masukan variabel perlakuan ke
Grouping Variable.
9.
Klik
Define Groups, ketik 1 pada Group 1, dan ketik 2 pada Group 2. Klik Continue.
Klik OK
Hasil
output:
Group
Statistics
Perlakuan
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error Mean
|
|
Hasil
Belajar
|
1
|
35
|
77.57
|
9.416
|
1.592
|
2 |
35
|
70.09
|
8.448
|
1.428
|
Independent Samples Test
Levene's Test for Equality of Variances
|
t-test for Equality of Means
|
|||||||||
F |
Sig.
|
t
|
Df
|
Sig. (2-tailed)
|
Mean Difference
|
Std. Error Difference
|
95% Confidence Interval of the Difference
|
|||
Lower |
Upper
|
|||||||||
Hasil
Belajar
|
Equal
variances assumed
|
.741
|
.392
|
3.501
|
68
|
.001
|
7.49
|
2.138
|
3.219
|
11.753
|
Equal variances not assumed |
3.501
|
67.216
|
.001
|
7.49
|
2.138
|
3.218
|
11.754
|
Interpretasi:
Kolom Levene's Test
for Equality of Variances menunjukan uji kesamaan varian. Berdasarkan uji
tersebut didapatkan sig. 0,392 > 0,05, jadi data memiliki varian yang
homogen, sehingga kita gunakan kolom yang pertama (Equal variances assumed). Berdasarkan uji t
diperoleh nilai Sig. 0,001 < 0,05, jadi Ho ditolak. Kemudian
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran
menggunakan modul dengan pembelajaran konvensional atau modul yang dikembangkan
efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas Comment nya