Halaman

Sabtu, 20 Juni 2020

Apa itu & mengapa perlu membaca cepat?

Jangan sampai salah faham mengenai membaca cepat. Karena membaca cepat bukanlah sekedar membaca secepat mungkin tanpa memahami apa yang dibaca. Umumnya orang membaca dengan cara memandang satu kata sekali pandang. Membaca cepat sebenarnya memiliki arti membaca beberapa kata dalam sekali pandang. Meskipun ada beberapa kata yang belum diketahui artinya atau belum pernah dibaca sebelumnya. Hal ini tidak masalah, penjelasannya ada di pembahasan selanjutnya.


Membaca cepat juga berarti meluaskan pandangan sehingga dapat membaca dan memahami banyak kata sekali pandang. Seorang pembaca cepat yang ahli dapat melihat, membaca, dan memroses 10 hingga 14 kata dalam satu kali gerakan mata. Bahkan jika sudah sangat ahli, memungkinkan untuk membaca satu halaman buku dalam sekali pandang.

Meluaskan pandangan membaca halaman tulisan secara vertikal seolah membaca secara mendatar. Seorang pembaca cepat yang ahli mampu memahami kata dari dua atau tiga baris tulisan sekaligus dalam sekali pandangan.

Melatih diri untuk tidak bersuara atau menggerakkan bibir ketika membaca. Menghilangkan kebiasaan mengeja (membaca dengan bersuara) memang tidak mudah, karena hal ini adalah cara membaca yang pertama kali diajarkan. Penjelasannya ada di bagian selanjutnya.

Semakin banyak kosa kata yang dimiliki, maka semakin cepat anda membaca. Seorang pembaca cepat perlu untuk mempelajari berbagai kosa kata agar menambah kosa kata yang dimiliki. Hal ini karena anda tidak akan melambat atau berhenti sejenak untuk memahami kata yang belum anda ketahui.

Membaca cepat juga berarti anda mampu mengatur kecepatan bacaan anda. Seperti halnya seorang pembalap yang tahu kapan harus melaju cepat dan kapan harus melambat jika ada hambatan. Begitu juga seorang pembaca cepat harus tahu kapan melambat dan kapan mempercepat. Jika bertemu dengan kosa kata sulit, boleh saja sedikit melambat. Karena jika dipaksakan justru malah bisa terjadi salah faham.

Semakin luas pengetahuan anda tentang suatu bidang. Saat membaca bacaan yang seuai dengan bidang keahliannya akan semakin cepat pemahaman membaca bacaan. Karena sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai apa yang dibaca. Sehingga dapat dengan mudah mengatur kecepatan membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas Comment nya