Halaman

Rabu, 30 Juli 2008

Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Energi hanya bermanfaat ketika terjadi perubahan bentuk. Contohnya perubahan energi listrik menjadi energi cahaya pada lampu pijar. Satuan SI untuk energi adalah Joule
1 Joule = 1 Kg/m2/s2

Jenis-jenis energi

a. Energi potensial
Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam benda dan dimiliki benda karena kedudukannya. Contoh bentuk energi yang termasuk energi potensial, yakni :
Enegi potensial elastik
Energi potensial gravitasi
Energi potensial kimia
Energi potensial magnet
Energi potensial listrik
Tetapi kita fokus ke Energi potensial gravitasi(Ep). Energi potensial graviatasi adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena ketinggiannya terhadap bidang acuan tertentu. Jadi dapat kita tuliskan
EP = m.g.h.

Jadi energi potensial suatu benda dapat di definisikan sebagai hasil kali berat benda (w = mg) dan ketinggiannya(h) dari suatu bidang acauan tertentu.

b. Energi kinetik
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena gerakannya dan kecepatannya. Energi kinetik sebuah benda bermasa m yang sedang bergerak dengan kecepatan v adalah:
EK = ½ m v2

Usaha dan perubahan energi kinetik.

Usaha yang dilakukan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan perubahan energi kinetik akhir dikurangi energi kinetik awal.
W = Ek1 – Ek2

Pernyataan diatas dikenal dengan ”Teorema Usaha-Energi.”

c. Daya
Daya didefinisikan sebagai kelajuan melakukan usaha atau usaha(W) per satuan waktu(t).
P = W/t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas Comment nya