Halaman

Rabu, 30 Juli 2008

Momentum dan impuls

Momentum
Momentum di definisikan sebagai hasil kali masa dan kecepatan P = m v.
Ket :
P = momentum (Kg/m/s)
m = massa (Kg)
v = kecepatan (m/s)

Contoh soal dan jawab.
Berapakaj momentum suatu benda yang bermasa 10 kg yang bergerak dengan kecepatan 10 m/s?
jawab :
P = m.v
P = 10.10
P = 100 N/s

Sebuah mobil memiliki masa 50 kg pada keadaan tanpa penumpang lalu rudi yang bermasa 30 kg menaiki mobil tersebut sehingga memiliki momentum sebesar 4000 N/s. Berapakah kecepatan benda?
Jawab:
V = P / m
V = 4000 / 80
V = 50 m/s


Impuls
Impuls didefinisikan sebgai hasil kali gaya (F) dan selang waktu gaya itu bekerja pada benda(Dt). secara matematis impuls dapat di tuliskan
I = F Dt

Contoh
Sebuah kelapa yang masanya 1,5 kg jatuh dari ketinggian 3m dengan kecepatan awal 0 yang jatuh menimpa kepala seorang anak yang tingginya 1,2m. Jika waktu lamanya kontak 1 s, maka berapakah impulsnya(g=10m/s2)?
Jawab:
I = F Dt
I = 1,5 . 10 . 1
I = 15 N/s

Impuls juga memiliki hubungan dengan momentum. Impuls yang bekerja pada benda sama dengan perubahan momentum yang di alami benda, yaitu momentum akhir dikurangai dengan momentum awal.
I = DP

1 komentar:

  1. nama saya suwarno, bisakah say minta file2 tentang soal2 momentum?
    saya membutuhkanya untuk referensi saya untuk membuat instrumen penelitian saya? terima kasih.
    email saya: arno_gendeng@yahoo.com

    BalasHapus

terima kasih atas Comment nya