Halaman

Kamis, 31 Juli 2008

Tumbukan

Untuk sistem dua benda bertumbukan, momentum linier sistem adalah tetap asalkan pada sistem tidak bekerja gaya dari luar. Akan tetapi, energi kinetik sistem dapat berkurang karena sebagian energi kinetik sistem dapat di ubah menjadi bentuk energi kalor dan energi bunyi pada saat terjadi tumbukan. Jadi , pada saat terjadi tumbukan dimana tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem, maka berlaku hukum kekekalan momentum linier, tetapi hukum kekekalan energi kinetik umumnya tidak berlaku.

Jenis-jenis tumbukan.

1. Tumbukan lenting sempurna
Pada peristiwa tumbukan lenting sempurna, berlaku hukum kekekalan momentum dan kekekalan energi kinetik. Koefisien retritusinya bernilai e = 1.

2. Tumbukan lenting sebagian
Pada peristiwa tumbukan lenting sebagian, berlaku hukum kekekalan momentum dan tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik. Koefisien retritusinya bernilai 0<1>

3. Tumbukan tidak lenting sama sekali
Pada peristiwa tumbukan tidak lenting sama sekali, hanya berlaku hukum kekekalan momentum saja. Dan juga kecepatan akhir benda 1 dan benda 2 adalah sama(v1’= v2’ = v) Koefisien retritusinya bernilai e = 0.

Rumus-rumus

Hukum kekekalan momentum

m1V1 + m2V2 = m1V1’ + m2V2’

Hukum kekekalan energi kinetik

Ek1 + Ek2 = Ek1 + Ek2

½ m1V1 + ½ m2V2 = ½ m1V1’ + ½ m2V2’

Koefisien retritusi

e = -DV’ / DV

e = -(v2-v1)

v2-v1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas Comment nya