Halaman

Senin, 05 November 2012

Belajar dari Game

Dalam game kita belajar untuk berani menghadapi resiko, kita berlatih untuk tidak takut gagal. Karena dalam permainan tidaklah nyata. Kita bisa balapan mobil tanpa takut jika nantinya menabrak atau bahkan terbalik, kita bisa bermain petualangan menjelajah hutan dan menghadapi rintangan yang ada.

Kita bisa berolah raga balap kuda, marathon, sepak bola, bola voley, angkat besi, basket, dan olah raga lainya. Walaupun hanya simulasi sehingga tidak menjadikan kita sehat, tetapi bisa menjadi pengalaman dan juga menambah ilmu mengenai olah raga tersebut. Tentunya dengan tetap mengatur waktu bermain game dan olah raga yang nyata agar sehat.

Saat kita game over, kita bisa mengulanginya lagi hingga selesai, kita tidak menyerah untukbisa menyelesaikan permainan, karena akan ada kepuasan saat kita menyelesaikan game. Dalam kehidupan kita ada kalanya kita gagal, akan tetapi jangan sampai hal itu membuat kita putus asa, kita coba lagi, terus coba lagi. Jika gagal lagi, coba ganti dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, kita juga bisa meminta bantuan teman saat kita sulit melakukannya sendiri.

Seringkali kita menganggap bahwa game adalah suatu hal yang buruk, game menjadi hal yang buruk jika tidak mengatur waktu bermain game, bermain game seharian sampai tidak mengerjakan PR, membantu orang tua, ngobrol dengan saudara. Bermain game sampai lupa makan, lupa minum, lupa kalo ada masalah, yang penting jangan sampai lupa nama sendiri, bisa bahaya (he.. he.., sedikit selingan sepertinya perlu, harap maklum baru kali ini penulis membuat tulisan yang agak serius)

Game menjadi hal  yang positif saat waktunya diatur dengan baik, tidak berlebihan dan memilih permainan yang bagus, bukan game yang aneh-aneh. Karena di dalam game, kita belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah, saat gagal bisa dicoba lagi.  Melatih konsentrasi kita, mengasah otak kita, latihan menghadapi suatu permasalahan, berani mengambil resiko, mengembangkan pola fikir, dan yang lainnya yang bisa pembaca temukan sendiri manfaatnya saat bermain game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas Comment nya