Halaman

Selasa, 13 November 2012

Potensi tak terhingga

Allah SWT menciptakan manusia dengan potensi yang tidak terbatas. Tak perlu risau sebuah nasihat: pahamilah dirimu seutuhnya terlebih dahulu. Memang benar bahwa kita perlu memahami kemampuan yang kita miliki. Kita bisa saja menuliskan kemampuan-kemampuan yang kita miliki kemudian kita coba untuk mengembangkannya. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya kita menanamkan mind set/pola pikir bahwa kita bisa melakukan banyak hal, walaupun tetap tidak memungkiri bahwa tak ada manusia yang sempurna, ada saja hal yang tidak bisa untuk kita lakukan, tetapi sangat jauuuuh lebih banyak hal yang bisa kita lakukan.


Sebagai contoh, kita baru bisa tahu kita mampu mengendarai mobil sampai kita mencoba mengendarai mobil. Jika kita tidak bisa, tentunya kita perlu belajar hingga kita bisa. Lalu jika kita bisa, berarti kita tahu bahwa kita bisa mengendarai mobil dan punya kemampuan untuk mengendarai mobil. Seperti itulah kita saat ingin mengetahui sejauh mana potensi kita. Karena mengetahui sejauh mana potensi yang kita miliki adalah upaya untuk bisa melakukan sesuatu, meskipun awalnya kita belum bisa melakukan hal itu atau sudah bisa tapi belum mahir.

Kita tidak perlu dipusingkan dengan mencari jawaban pertanyaan 'who am i?' atau 'siapa saya sebenarnya' karena yang lebih penting adalah 'apa yang bisa saya lakukan didalam hidup saya'.

Karena itu, terus coba hal yang baru, jangan menyerah, terus mencoba, kecuali saat memang benar-benar kita tidak memiliki kemampuan untuk itu. lalu jangan putus asa, coba hal yang lain, dan kuasai hal yang lain. Semakin banyak kemampuan yang kita miliki kemudian kita aplikasikan dalam bidang kita, hal ini akan memunculkan suatu hal yang luar biasa dan tentunya bisa bermanfaat bagi orang lain.

1 komentar:

  1. Anonim3/02/2013

    biarlah orang lain tidak tahu, asalkan Alloh ridho itu sudah cukup (Nurul Fikri).

    BalasHapus

terima kasih atas Comment nya