Halaman

Selasa, 20 November 2012

Medan magnet di Sekitar Arus Listrik

Ada suatu hubungan antara magnet dan listrik. Kedua hal ini saling berkaitan, arus listrik dapat menimbulkan medan magnet dan medan magnet juga dapat menimbulkan arus listrik. 
Pada tahun 1819,  Hans Christian Oersted menemukan bahwa kemagnetan dapat dipengaruhi oleh arus listrik. Percobaan yang dilakukan adalah dengan melilitkan sebuah paku besi dengan kawat tembaga. Setelah itu dialirkan arus listrik pada kawat tersebut. Ternyata paku tersebut menjadi bersifat magnet. Magnet yang dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik melalui lilitan kawat disebut sebagai magnet listrik atau elektromagnet. Elektromagnet bersifat sementara atau tidak tetap. Bila aliran listrik dimatikan, maka sifat kemagnetannya akan hilang.


Oersted juga menyelidiki medan magnet pada suatu kawat yang dialiri listrik. oersted mengamati adanya penyimpangan jarum kompas ketika berdekatan dengan kawat yang dialiri arus listrik. 

Pada saat arus listrik yang mengalir dalam penghantar diperbesar, ternyata kutub utara jarum kompas menyimpang lebih jauh. Hal ini berarti semakin besar arus listrik yang digunakan semakin besar medan magnetik yang dihasilkan.

1 komentar:

  1. Kok postingannya belum ditambah, Kang. Sibuk sampean ya? hhe

    Selamat sibuk, kang.

    BalasHapus

terima kasih atas Comment nya